0

VIRTUAL NETWORK

Posted by Unknown on 00.42 in
       JARINGAN VIRTUAL
Platform vSphere memiliki dua logis blok bangunan jaringan: Virtual Ethernet Adapter dan switch virtual.
1.      Virtual Ethernet Adapter
Konfigurasi mesin virtual dengan satu atau lebih adapter Ethernet virtual, disajikan dengan OS host dengan hardware mesin virtual. Host OS melihat adapter virtual kartu antarmuka jaringan yang umum dan akan menggunakan driver standar. Beberapa tujuan khusus virtual adapter Ethernet juga tersedia untuk memberikan kinerja dioptimalkan dalam lingkungan mesin virtual, dengan OS driver yang sesuai disediakan sebagai bagian dari VMTools. Daftar lengkap Virtual Ethernet Adapterdidukung oleh vSphere
a.      Switches Virtual
Switch Virtual memungkinkan mesin virtual pada satu vSphere host untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan protokol yang sama sebagai saklar fisik. Tombol virtual mengemulasi fisik switch jaringan Ethernet tradisional dengan meneruskan frame pada layer data-link. Sebuah vSphere host dapat memiliki banyak switch virtual, masing-masing dengan lebih dari 1.000 port internal virtual untuk mesin virtual. Platform vSphere mendukung Switch vSphere Standard, konfigurasi tombol virtual di tingkat host, dan Switch VMware vSphere Distributed, switch tunggal virtual yang mencakup beberapa host yang terkait.
b.      Network I/O Control ( NIOC )
Menggunakan VMware vSphere Jaringan I / O Control untuk mengkonfigurasi aturan dan kebijakan di tingkat mesin virtual dan untuk memastikan bahwa I / O sumber daya selalu tersedia untuk aplikasi bisnis penting Anda. NIOC memonitor jaringan. Setiap kali melihat kemacetan, maka secara otomatis menggeser sumber daya untuk aplikasi prioritas tertinggi Anda seperti yang didefinisikan oleh aturan bisnis Anda. Berkat NIOC, administrator Anda dapat menjadi lebih produktif, Anda dapat memperpanjang virtualisasi di lebih beban kerja dan infrastruktur Anda dapat menjadi lebih fleksibel.
c.       Distributed Switch
The vSphere Distributed Switch (VDS) menyederhanakan jaringan mesin virtual dengan membiarkan Anda mengatur akses mesin virtual Switch untuk seluruh data center Anda dari antarmuka terpusat. Hal ini membuat mudah untuk penyediaan, mengelola dan memantau jaringan virtual di beberapa host dan kelompok. VDS juga menyediakan pemantauan yang kaya dan kemampuan pemecahan masalah, ditambah dukungan untuk fitur jaringan vSphere canggih.
         




  Features
Standard Switch
Distributed Switch
Management
Standard switch perlu dikelola pada masing-masing individu tingkat host
Menyediakan manajemen terpusat dan  pemantauan konfigurasi jaringan  semua ESXi host yang terkait dengan dvswitch tersebut.
Licensing
Standard Switch tersedia untuk semua Licensing Edition
Distributed switch hanya tersedia untuk lisensi enterprise edition
Creation & configuration
Standard switch bias dibuat dan di konfigurasi pada ESX/ESXi host level
Distributed switch bias dibuat dan di konfiguasi pada vCenter server level
Layer 2 Switch
Ya, dapat meneruskan layer 2 frame
Ya, dapat meneruskan layer 2 frame
VLAN segmentation
Yes
Yes
802.1Q tagging
Bisa digunakan dan di mengerti  802.1q
VLAN tagging
Bisa digunakan dan di mengerti  802.1q
VLAN tagging
NIC teaming
Yes, can utilize multiple uplink to
 form NIC teaming
Yes, can utilize multiple uplink to form
 NIC teaming
Outbound Traffic Shaping
Can be achieved using standard switch
Can be achieved using distributed switch
Inbound Traffic Shaping
Not available as part of standard
switches
Only possible at distributed switch
VM port blocking
Not available as part of standard
 switches
Only possible at distributed switch
Private VLAN
Not available
PVLAN can be created as part of dvswitch. 3 types of PVLAN(Promiscuous,
Community and Isolated)
Load based Teaming
Not available
Can be achieved using distributed switch
Network vMotion
Not available
Can be achieved using distributed switch
Per Port policy setting
Policy can be applied at switch
and port group
Policy can be applied at switch, port group and even per port level
NetFlow
Not available
Yes
Port Mirroring
Not available
Yes

      Konfigurasi Mesin Virtual
VMware Workstation menyediakan beberapa cara  untuk dapat mengkonfigurasi mesin virtual pada jaringan virtual.
1.      Jaringan Bridged mengkonfigurasi mesin virtual  sebagai identitas yang unik pada jaringan, terpisah dan tidak berhubungan dengan host.
2.      Translasi alamat jaringan (NAT) mengkonfigurasi mesin virtual  untuk berbagi IP dan alamat MAC dari host. Mesin virtual dan host berbagi identitas jaringan tunggal yang tidak terlihat di luar jaringan. NAT dapat berguna ketika  diperbolehkan satu alamat IP atau alamat MAC oleh administrator jaringan .  Mungkin juga menggunakan NAT untuk mengkonfigurasi mesin virtual terpisah untuk menangani http dan permintaan ftp, dengan kedua mesin virtual yang berjalan dari alamat IP yang sama atau domain.
3.      Host-only Network mengkonfigurasi mesin virtual  untuk memungkinkan akses jaringan hanya untuk host. Hal ini dapat berguna ketika  ingin mesin virtual yang aman yang terhubung ke jaringan host, tapi hanya tersedia melalui mesin host.
4.      Jaringan kustom memungkinkan  mengkonfigurasi jaringan mesin virtual  secara manual. Jika  memilih jalur pengaturan Khas di New Wizard Mesin Virtual ketika  membuat mesin virtual, wizard set up menbridgei jaringan untuk mesin virtual.  dapat memilih salah satu dari konfigurasi umum - jaringan dibridgei, terjemahan alamat jaringan (NAT) dan host-satunya jaringan - dengan memilih jalur pengaturan Custom. Wizard kemudian menghubungkan mesin virtual ke jaringan virtual yang sesuai. Dapat mengatur konfigurasi yang lebih khusus dengan memilih pengaturan yang sesuai dalam editor pengaturan mesin virtual, dalam editor jaringan virtual (pada Windows host) dan pada komputer host . Pada host Windows, perangkat lunak yang diperlukan untuk semua konfigurasi jaringan terinstal saat  menginstal VMware Workstation. Pada host Linux, ketika  menginstal Workstation,  dapat memilih apakah akan menbridgei dan host-satunya jaringan yang tersedia untuk mesin virtual :  harus memilih kedua pilihan selama instalasi Workstation untuk membuat semua konfigurasi jaringan yang tersedia untuk mesin virtual .
Bagian berikut menjelaskan perangkat yang membentuk jaringan virtual :
  1. Switch Virtual
Seperti saklar fisik, satu tombol virtual memungkinkan  menghubungkan komponen jaringan lain bersama-sama. Switch Virtual diciptakan sebagai dibutuhkan oleh perangkat lunak VMware Workstation, hingga total sembilan switch.  dapat menghubungkan satu atau lebih mesin virtual untuk switch.
Secara default, beberapa switch dan jaringan yang terkait dengan mereka yang digunakan untuk nama konfigurasi khusus:
1)      Jaringan bridge menggunakan VMnet0.
2)      Jaringan host-hanya menggunakan VMnet1.
3)      Jaringan NAT menggunakan VMnet8.
Jaringan lain yang tersedia hanya bernama VMnet2, VMnet3, VMnet4, dan sebagainya. Untuk menghubungkan mesin virtual untuk switch: Dalam editor pengaturan mesin virtual, pilih adapter jaringan virtual untuk menghubungkan, dan kemudian mengkonfigurasi adaptor untuk menggunakan jaringan virtual yang diinginkan.
  1. Bridge
Bridge memungkinkan  menghubungkan mesin virtual  ke LAN yang digunakan oleh komputer host . Ini menghubungkan adapter jaringan virtual di mesin virtual  ke adaptor Ethernet fisik dalam komputer host .
Bridge dipasang selama instalasi VMware Workstation (pada host Linux,  harus memilih untuk membuat jaringan dibridgei tersedia untuk mesin virtual ). Bila  membuat mesin virtual baru menggunakan jaringan bridge, bridge sudah diatur secara otomatis dapat mengatur bridge virtual tambahan untuk konfigurasi kustom yang membutuhkan koneksi ke lebih dari satu adapter Ethernet fisik pada komputer host.
  1. Virtual Host Adapter
Virtual Host Adapter adalah Virtual Ethernet Adapteryang muncul untuk sistem operasi host  sebagai Ethernet virtual adapter VMware pada host Windows dan sebagai host-satunya antarmuka pada host Linux. Virtual Host Adapter memungkinkan  untuk berkomunikasi antara komputer host dan mesin virtual pada komputer host. Virtual Host Adapter digunakan dalam host-only dan konfigurasi NAT.
Virtual Host Adapter tidak terhubung ke jaringan eksternal kecuali jika  mengatur perangkat lunak khusus pada komputer host - server proxy, misalnya - untuk menghubungkan adapter host-hanya untuk adaptor jaringan fisik.
Perangkat lunak yang menciptakan Virtual Host Adapter diinstal ketika  menginstal VMware Workstation (pada host Linux,  harus memilih untuk membuat host-satunya jaringan yang tersedia untuk mesin virtual ). Sebuah Virtual Host Adapter kemudian dibuat secara otomatis ketika  boot komputer host dapat mengatur tuan tambahan adapter virtual yang diperlukan.
  1. NAT Device
NAT (network address translation) perangkat memungkinkan  untuk menghubungkan mesin virtual  ke jaringan eksternal ketika  hanya memiliki satu alamat jaringan IP pada jaringan fisik, dan alamat yang digunakan oleh komputer host.  dapat, misalnya, menggunakan NAT untuk menghubungkan mesin virtual  ke Internet melalui koneksi dial-up pada komputer host, melalui adaptor Ethernet host komputer, atau melalui adaptor Ethernet nirkabel. NAT juga berguna ketika  harus terhubung ke jaringan non-Ethernet, seperti Token Ring atau ATM.
Perangkat NAT sudah diatur secara otomatis ketika  menginstal VMware Workstation. (Pada host Linux,  harus memilih untuk membuat NAT tersedia untuk mesin virtual .)
  1. DHCP Server
DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) server menyediakan alamat jaringan IP untuk mesin virtual dalam konfigurasi yang tidak dibridgei ke jaringan eksternal - misalnya, host-only dan konfigurasi NAT.
  1. Network Adapter
Satu adapter jaringan virtual diatur untuk mesin virtual  saat  membuatnya dengan Wizard Mesin Virtual Baru menggunakan jenis jaringan. Tampaknya sistem operasi host sebagai adaptor AMD PCnet PCI dapat membuat dan mengkonfigurasi hingga tiga adapter jaringan virtual di setiap mesin virtual menggunakan editor pengaturan mesin virtual.

    VMware Workstation 5.5 Umum Jaringan Konfigurasi
Bagian berikut menggambarkan konfigurasi jaringan yang diatur untuk  secara otomatis saat  memilih opsi-opsi jaringan str di New Virtual Machine Wizard atau pengaturan mesin virtual Editor.
  1. Jaringan Bridged 
Jaringan bridge menghubungkan mesin virtual ke jaringan menggunakan adapter Ethernet host komputer. Jaringan bridge sudah diatur secara otomatis jika  memilih Gunakan menbridgei jaringan di New Virtual Machine Wizard atau jika  memilih jalur pengaturan Khas. Pilihan ini tersedia pada host Linux hanya jika  mengaktifkan opsi jaringan dibridgei ketika  menginstal VMware Workstation.
Jika komputer host  pada jaringan Ethernet, ini sering cara termudah untuk memberikan virtual  akses ke jaringan komputer tersebut. Linux dan Windows host dapat menggunakan jaringan bridge untuk menghubungkan kedua jaringan kabel dan nirkabel.
Jika  menggunakan jaringan bridge, mesin virtual  perlu memiliki identitasnya sendiri pada jaringan. Sebagai contoh, pada jaringan TCP / IP, mesin virtual membutuhkan alamat IP sendiri. Administrator jaringan  dapat memberitahu  apakah alamat IP yang tersedia untuk mesin virtual  dan apa jaringan pengaturan yang harus  gunakan sistem operasi host. Umumnya, sistem operasi host  dapat memperoleh alamat IP dan rincian jaringan lainnya secara otomatis dari server DHCP, atau  mungkin perlu untuk mengatur alamat IP dan rincian lainnya secara manual dalam sistem operasi host.
Jika  menggunakan jaringan bridge, mesin virtual adalah peserta penuh dalam jaringan. Memiliki akses ke mesin lain pada jaringan dan dapat dihubungi dengan komputer lain pada jaringan seolah-olah komputer fisik pada jaringan.
Sadarilah  jika komputer host diatur untuk boot beberapa sistem operasi dan  menjalankan satu atau lebih dari mereka dalam mesin virtual,  perlu mengkonfigurasi setiap sistem operasi dengan alamat jaringan yang unik. Orang-orang yang melakukan booting beberapa sistem operasi sering menetapkan semua sistem alamat yang sama, karena mereka menganggap hanya satu sistem operasi akan berjalan pada satu waktu. Jika  menggunakan salah satu atau lebih dari sistem operasi dalam mesin virtual, asumsi ini tidak lagi benar.
Jika  membuat beberapa pilihan lainnya di New Virtual Machine Wizard dan kemudian memutuskan  ingin menggunakan jaringan bridge,  dapat membuat perubahan dalam editor pengaturan mesin virtual (VM> Settings). Untuk detail, lihat Mengubah Konfigurasi Jaringan.

a.       Network Address Translation (NAT)

NAT memberikan akses mesin virtual ke sumber daya jaringan dengan menggunakan alamat IP komputer host. Sebuah koneksi jaringan terjemahan alamat diatur secara otomatis jika  mengikuti Custompath di New Virtual Machine Wizard dan pilih Gunakan jaringan terjemahan alamat.
Jika  ingin terhubung ke Internet atau jaringan TCP / IP lain yang menggunakan jaringan atau broadband koneksi dial-up komputer host dan  tidak mampu memberikan mesin virtual  alamat IP pada jaringan eksternal, NAT sering cara termudah untuk memberikan virtual  akses ke jaringan komputer tersebut. NAT juga memungkinkan  untuk terhubung ke jaringan TCP / IP dengan menggunakan adaptor Token Ring pada komputer host.
Jika  menggunakan NAT, mesin virtual  tidak memiliki alamat IP sendiri pada jaringan eksternal. Sebaliknya, jaringan pribadi yang terpisah diatur pada komputer host. Mesin virtual  mendapatkan alamat di jaringan dari DHCP server virtual VMware. VMware NAT perangkat melewati jaringan data antara satu atau lebih mesin virtual dan jaringan eksternal. Ini mengidentifikasi paket data yang masuk ditujukan untuk setiap mesin virtual dan mengirimkannya ke tujuan yang benar.
Jika  memilih NAT, mesin virtual dapat menggunakan banyak protokol TCP / IP str untuk menghubungkan ke komputer lain pada jaringan eksternal. Sebagai contoh,  dapat menggunakan HTTP untuk menelusuri situs Web, FTP untuk mentransfer file dan Telnet untuk log on ke komputer lain. Dalam konfigurasi default, komputer pada jaringan eksternal tidak dapat melakukan koneksi ke mesin virtual. Itu berarti, misalnya, bahwa konfigurasi default tidak membiarkan  menggunakan mesin virtual sebagai server Web untuk mengirim halaman web ke komputer pada jaringan eksternal.
Jika  membuat beberapa pilihan lainnya di New Virtual Machine Wizard dan kemudian memutuskan  ingin menggunakan NAT,  dapat membuat perubahan dalam editor pengaturan mesin virtual (VM> Settings). Untuk detail, lihat Mengubah Konfigurasi Jaringan.
b.      Host Only Networking

Jaringan Host-hanya menciptakan jaringan yang benar-benar terkandung dalam komputer host sebuah jaringan host-hanya diatur secara otomatis jika  memilih Gunakan Host-hanya Networking di New Virtual Machine Wizard. Pada Linux host, seleksi ini hanya tersedia jika  mengaktifkan opsi host-satunya jaringan ketika  menginstal VMware Workstation.
Jaringan Host-hanya menyediakan koneksi jaringan antara mesin virtual dan host komputer, menggunakan adaptor Ethernet virtual yang terlihat oleh sistem operasi host. Pendekatan ini dapat berguna jika  perlu untuk mendirikan sebuah jaringan virtual yang terisolasi.
Jika  menggunakan jaringan host-only, mesin virtual dan Virtual Host Adapter terhubung ke jaringan Ethernet pribadi. Alamat pada jaringan ini disediakan oleh server DHCP VMware.
Jika  membuat beberapa pilihan lainnya di New Virtual Machine Wizard dan kemudian memutuskan  ingin menggunakan host-only networking,  dapat membuat perubahan dalam editor pengaturan mesin virtual (VM> Settings). Untuk detail, lihat Mengubah Konfigurasi Jaringan.
c.       Routing dan Connection Sharing
Jika  menginstal routing yang tepat atau software proxy pada komputer host ,  dapat membuat sambungan antara host Virtual Ethernet Adapterdan adapter jaringan fisik pada komputer host. Hal ini memungkinkan , misalnya, untuk menghubungkan mesin virtual ke Token Ring atau jaringan non-Ethernet lainnya.
Pada Windows 2000, Windows XP atau Windows Server 2003 komputer host,  dapat menggunakan host-only networking dalam kombinasi dengan fitur berbagi koneksi internet di Windows untuk memungkinkan mesin virtual untuk menggunakan host adapter jaringan atau koneksi lainnya untuk dial-up Internet. Lihat dokumentasi Windows  untuk rincian tentang konfigurasi sharing koneksi internet.
Hanya satu mesin virtual ditampilkan dalam setiap contoh, namun beberapa mesin virtual dapat terhubung ke switch Ethernet virtual yang sama. Pada host Windows,  dapat menghubungkan jumlah yang tidak terbatas perangkat jaringan virtual untuk switch virtual. Pada host Linux,  dapat menghubungkan hingga 32 perangkat.

D.    Kustom Jaringan Konfigurasi
Komponen jaringan virtual yang disediakan oleh VMware Workstation memungkinkan bagi  untuk membuat jaringan virtual yang canggih. Jaringan virtual dapat terhubung ke satu atau lebih jaringan eksternal, atau mereka dapat berjalan sepenuhnya pada komputer host.
Menyiapkan komponen jaringan untuk jaringan virtual kustom  adalah proses langsung. Sebelum mencoba untuk mengatur jaringan virtual yang kompleks,  harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana untuk mengkonfigurasi perangkat jaringan dalam sistem operasi host dan host .
Sampel Konfigurasi diuraikan dalam bagian ini menggambarkan banyak cara  dapat menggabungkan perangkat pada jaringan virtual. Konfigurasi kustom lainnya dijelaskan inAdvanced Jaringan Topik dan Memahami NAT.

Dalam konfigurasi kustom ini, server Web menghubungkan melalui firewall ke jaringan eksternal. Komputer administrator dapat terhubung ke server Web melalui firewall kedua. Untuk mengatur konfigurasi ini,  harus membuat empat mesin virtual dan menggunakan editor pengaturan mesin virtual untuk menyesuaikan pengaturan untuk Virtual Ethernet Adaptermereka.  juga perlu menginstal sistem operasi host yang tepat dan perangkat lunak aplikasi di setiap mesin virtual dan membuat pengaturan jaringan yang tepat di setiap mesin virtual.
1.      Mengatur empat mesin virtual menggunakan New Virtual Machine Wizard.
Buat mesin virtual pertama dengan jaringan bridge sehingga dapat terhubung ke jaringan eksternal menggunakan adapter Ethernet host komputer. Buat tiga lainnya mesin virtual tanpa jaringan.  akan mengatur Virtual Ethernet Adaptermereka dalam langkah-langkah selanjutnya.
2.      Mulai VMware Workstation dan mesin virtual terbuka 1. Jangan daya pada mesin virtual.
Gunakan editor pengaturan mesin virtual (VM> Settings) untuk menambahkan adapter jaringan virtual kedua, seperti yang dijelaskan dalam Mengubah Konfigurasi Jaringan. Hubungkan adaptor kedua Kustom (VMnet2). Klik OK untuk menyimpan konfigurasi dan menutup editor pengaturan mesin virtual.
  1. Jika VMware Workstation tidak berjalan, memulainya. Mesin virtual terbuka 2. Jangan daya pada mesin virtual.
Gunakan editor pengaturan mesin virtual (VM> Settings) untuk menambahkan adapter jaringan virtual. Hubungkan adaptor ke Custom (VMnet2). Klik OK untuk menyimpan konfigurasi dan menutup editor pengaturan mesin virtual.
  1. Jika VMware Workstation tidak berjalan, memulainya. Mesin virtual terbuka 3. Jangan daya pada mesin virtual.
Gunakan editor pengaturan mesin virtual (VM> Settings) untuk menambahkan adapter jaringan virtual. Hubungkan adaptor ke Custom (VMnet2). Gunakan editor pengaturan mesin virtual untuk menambahkan adapter jaringan virtual kedua. Hubungkan adaptor ke Custom (VMnet3). Klik OK untuk menyimpan konfigurasi dan menutup editor pengaturan mesin virtual.
  1. Jika VMware Workstation tidak berjalan, memulainya. Mesin virtual terbuka 4. Jangan daya pada mesin virtual.
Gunakan editor pengaturan mesin virtual (VM> Settings) untuk menambahkan adapter jaringan virtual. Hubungkan adaptor ke Custom (VMnet3). Klik OK untuk menyimpan konfigurasi dan menutup editor pengaturan mesin virtual.
  1. Tentukan alamat jaringan yang digunakan untuk VMnet2 dan VMnet3.
a.       Pada host Windows,  dapat melewati langkah-langkah untuk mengkonfigurasi alamat jaringan secara manual dan, sebagai gantinya, gunakan server DHCP Workstation. Pergi ke Edit> Virtual Pengaturan Jaringan> DHCP dan VMnet2 dan VMnet3 ke daftar jaringan virtual dilayani oleh server DHCP virtual. Kemudian lompat ke langkah 9.
b.      Pada host Windows, buka command prompt pada komputer host dan menjalankan ipconfig / all. Perhatikan alamat jaringan yang digunakan oleh masing-masing adapter virtual.
c.       Pada host Linux, jalankan ifconfig di konsol atau di jendela terminal pada komputer host. Perhatikan alamat jaringan yang digunakan oleh masing-masing tombol virtual.
  1. Mulai VMware Workstation, terbuka setiap mesin virtual pada gilirannya dan menginstal sistem operasi host yang sesuai.
  2. Konfigurasi jaringan di setiap sistem operasi host.
Untuk adapter Ethernet yang dibridgei dalam mesin virtual 1, gunakan pengaturan jaringan yang diperlukan untuk koneksi ke jaringan eksternal. Jika mesin virtual mendapatkan alamat IP dari DHCP server pada jaringan eksternal, pengaturan default harus bekerja. Untuk adaptor Ethernet kedua di mesin virtual 1, manual menetapkan alamat IP dalam rentang yang  gunakan dengan VMnet2.
Dalam mesin virtual 2, menetapkan alamat IP dalam rentang yang  gunakan dengan VMnet2.
Dalam mesin virtual 3, adapter jaringan yang terhubung ke VMnet2 dan VMnet3. Menetapkan setiap adaptor alamat IP dalam kisaran yang  gunakan dengan jaringan virtual yang terhubung.
Dalam mesin virtual 4, menetapkan alamat IP dalam rentang yang  gunakan dengan VMnet3.

  1. Instal perangkat lunak aplikasi yang diperlukan di setiap mesin virtual.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 @Ajeng_ZT All rights reserved. Theme by AA. | Bloggerized by Ajeng Zanna Tirahnae.